PENGARUH IDOL K-POP DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 ANYER

Authors

  • Siti Rohaliya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Septi Kuntari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.52423/jns.v8i2.8

Keywords:

Korean Wave, Motivasi Belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh idol K-Pop dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, faktor-faktor penyebab, serta dampak yang ditimbulkan, juga cara siswa mengatur waktu dalam belajar dan mendukung idolanya, sampai bagaimana cara siswa mempertahankan motivasi melalui idol K-pop. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa idol K-Pop memberikan pengaruh positif dan negatif pada proses. Untuk mengatasi pengaruh dari idol K-Pop terhadap motivasi belajar pada siswa tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti siswa harus bisa membagi waktu dengan baik dan lebih mengutamakan tugas dan pembelajaran terlebih dahulu serta dapat membuat jadwal yang terstruktur dari pagi sampai malam, siswa harus lebih memprioritaskan pembelajaran dan mengerjakan tugas tepat waktu, sebisa mungkin dapat membagi waktu saat belajar dan hiburan. Budaya Korea menambah wawasan baru mengenai budaya luar, memberikan pengetahuan terkait bahasa Inggris bahkan K-Pop mampu menciptakan relasi pertemanan baru dari berbagai kalangan. Secara tidak langsung, hal ini memberikan pengaruh terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Banyaknya teknologi ataupun suatu media baru yang diketahui untuk para siswa mempelajari bahasa asing agar dapat berkomunikasi dengan idol yang disukainya.

 

References

Apriliani, R., & Setiawan, R. (2019). Konstruksi Konsep Diri Mahasiswi Penggemar Budaya Populer Korea. Jurnal Hermeneutika, 5(2), 107–120.

AZHARI, A. R. (2023). MOTIVASI DAN PERILAKU PENGGEMAR MUSIK K-POP DI PURWOKERTO (Studi Fenomenologi Pada Santriwati Pondok Pesantren Modern El-Fira). UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

Hasgimianti, Putri, R. D., & MRA, R. R. (2018). MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG BERLATAR BELAKANG BUDAYA MELAYU DAN JAWA. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 1(1), 52–69.

Hilmawati. (2021). DAMPAK KOREAN WAVE TERHADAP PERILAKU BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Ikhsan, D., & Kuntari, S. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA DI KP. PASIRSALAM. T S A Q O F A H Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(3), 354–365. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/tsaqofah

Kaparang, O. M. (2013). ANALISA GAYA HIDUP REMAJA DALAM MENGIMITASI BUDAYA POP KOREA MELALUI TELEVISI (Studi pada siswa SMA Negeri 9, Manado). Journal Acta Diurna, II (2).

Khuangga, F. S. R. (2021). PENGARUH IDOL GROUP CHINA “WAY V / 威神 V” TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA MANDARIN DI KALANGAN PENGGEMAR “WAY V / 威神 V” DI INDONESIA. Seminar Nasional Ilmu Terapan V 2021.

Mulyaningsih, I. E. (2014). PENGARUH INTERAKSI SOSIAL KELUARGA, MOTIVASI BELAJAR, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 441–451.

Prasanti, R. P., & Dewi, A. I. N. (2020). Dampak Drama Korea (Korean Wave) terhadap Pendidikan Remaja. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 256–269.

Ratiah, & Lindawati, Y. I. (2022). STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BOJONGMANIK. A N W A R U L Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(3), 256–269. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/anwarul

Sakinah, R. N., Hasna, S., & Wayuningsih, Y. (2022). Pengaruh Positif Fenomena K-Pop Terhadap Karakter Generasi Muda di Indonesia. Journal on Education, 05(01), 735–745.

Sri Yenti, N., Mairiza, N., Anggraini, N., Febriani, E., & Fadilla, P. (2022). DAMPAK BUDAYA KOREA POP (K-POP) TERHADAP TINGKAT MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(2), 2746–7708.

Sriyolanda, A. (2022, Juni 20). Pengaruh K-Pop terhadap Motivasi Belajar. Kompasiana.

Valenciana, C., & Pudjibudojo, J. K. K. (2022). Korean Wave; Fenomena Budaya Pop Korea pada Remaja Milenial di Indonesia. Jurnal Diversita, 8(2), 205–214. https://doi.org/10.31289/diversita.v8i2.6989

Widyanta, A. B. (2002). Problem Modernitas dalam Kerangka Sosiologi Kebudayaan Georg Simmel. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Siti Rohaliya, & Septi Kuntari. (2023). PENGARUH IDOL K-POP DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 ANYER. Jurnal Neo Societal, 8(2), 159–169. https://doi.org/10.52423/jns.v8i2.8

Issue

Section

Articles