PENGGUNAAN MEDIA BALIHO OLEH PUAN MAHARANI MENJELANG PEMILU INDONESIA 2024 DI ERA 5.0

Authors

  • Lavega Universitas Kristen Satya Wacana
  • Pratiwi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Putri Hergianasari Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.52423/jns.v8i3.20

Keywords:

Strategi Marketing Politik, Media Baliho, Puan Maharani, Pemilu 2024, era 5.0

Abstract

Menjelang tahun politik 2024, dinamika perpolitikan menjadi lebih kompleks dan bervariatif. Muncul berbagai bentuk komunikasi politik oleh beberapa politisi atau calon kandidat dari berbagai partai politik yang ada di Indonesia. Salah satunya iklan politik yang dilakukan oleh Puan Maharani mulai dari tahun 2021 dengan menggunakan media publik baliho. Menariknya pada saat ini masuk era 5.0 society yang identik dengan digitalisasi setiap aspek kehidupan manusia, namun Puan Maharani tetap menggunakan old media yaitu baliho sebagai media marketing politiknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data studi literatur. Tujuan penelitian untuk melihat strategi marketing politik Puan Maharani menjelang Pemilu Indonesia 2024. Hasil penelitian menyatakan dibutuhkan strategi yang tepat dalam marketing politik seorang calon kandidat, salah satunya pemilihan media komunikasi politiknya. Puan Maharani melakukan komunikasi politik yang bersifat one step flow dengan memanfaatkan media baliho dalam menciptakan image dan positioning kandidat. Didukung dengan karakteristik baliho sebagai media above the line yang menyasar audience atau konstituen luas untuk meningkatkan awareness akan image Puan Maharani sebagai sosok pemimpin perempuan yang dapat mengayomi bangsa Indonesia. Seiring dengan itu, pesan politik Puan Maharani berada pada tahapan pencapaian awareness (tahap popularity) dan image perception (tahap likeability). Ketrampilan komunikasi melalui perumusan strategi yang tepat, seperti pemilihan media membuka peluang meningkatkan electability kandidat sebagai stages tertinggi dalam tahapan marketing politik.

 

Author Biographies

Lavega, Universitas Kristen Satya Wacana

 

 

Pratiwi, Universitas Kristen Satya Wacana

 

 

Putri Hergianasari, Universitas Kristen Satya Wacana

 

 

References

Anshori, A. (2018). Pengaruh Iklan Politik Terhadap Persepsi Pemilih Kota Medan Tahun 2018. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 132–144. https://doi.org/10.30596/INTERAKSI.V2I2.2091

Anugerah, D. (2011). Marketing Politik: Urgensi dan Posisinya dalam Komunikasi Politik. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 5(18), 575–598. https://doi.org/10.15575/IDAJHS.V5I18.379

Ardipandanto, A. (2019, June). Permasalahan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019. INFO Kajian SIngkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 25–30.

Astuti, W. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PADA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2020: WIDIA ASTUTI, EFENDI, ARDIANTO ARSAN. JURNAL ADMINISTRASI NUSANTARA MAHA, 3(12), 68–79. https://doi.org/10.51279/JANMAHA.V3I12.533

B. Miles, M., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. 1–352.

Basuki, U. (2020). Parpol, Pemilu dan Demokrasi: Dinamika Partai Politik dalam Sistem Pemilihan Umum di Indonesia Perspektif Demokrasi. Kosmik Hukum, 20(2), 81–94. https://doi.org/10.30595/kosmikhukum.v20i2.8321

CNN Indonesia. (2022, March 24). Puan Maharani Ungkap Arti Slogan Kepak Sayap Kebinekaan. Www.Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220323173116-20-775249/puan-maharani-ungkap-arti-slogan-kepak-sayap-kebinekaan

Cogburn, D. L., & Espinoza-Vasquez, F. K. (2011). From Networked Nominee to Networked Nation: Examining the Impact of Web 2.0 and Social Media on Political Participation and Civic Engagement in the 2008 Obama Campaign. Https://Doi.Org/10.1080/15377857.2011.540224, 10(1–2), 189–213. https://doi.org/10.1080/15377857.2011.540224

Damayanti, N., & Santoso, P. Y. (2017). Strategi Marketing Politik Pasangan Jokowi – Jusuf Kalla pada Pemilihan Presiden 2014. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 1(01). https://doi.org/10.25008/PKNK.V1I1.72

Dirgantara, A. (2023, March 3). Nasdem Bilang PDI-P Ngawur Sebut Izin “Ibu” Dulu Sebelum Sahkan RUU Perampasan Aset. Nasional.Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2023/03/30/22254541/nasdem-bilang-pdi-p-ngawur-sebut-izin-ibu-dulu-sebelum-sahkan-ruu-perampasan

Firdaus. (2013). PARADE IKLAN POLITIK DI TAHUN POLITIK: Polarisasi Penggunaan Iklan untuk Membangun Citra Menuju Pemilu 2014. Turast: Jurnal Penelitian & Pengabdian , 1(1), 81–94.

Freeman, P. (2012). How to Win An Election: An Ancient Guide for Modern Politicians. Princeton University Press.

Hamad, I. (2008). Memahami Komunikasi Pemasaran Politik. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 147–162. https://doi.org/10.29313/MEDIATOR.V9I1.1141

Hidayat, A. N. (2020). PEMASARAN POLITIK (POLITICAL MARKETING) TOMY SATRIA YULIANTO (TSY) DALAM MENGHADAPI PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI KABUPATEN BULUKUMBA PERIODE 2020-2025. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hutapea, B. (2015). DINAMIKA HUKUM PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI INDONESIA. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.33331/RECHTSVINDING.V4I1.136

Jeffri, S. E. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK AMRAN MAHMUD DALAM KEMENANGAN PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN WAJO 2019-2024. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 4(01), 65–84. https://doi.org/10.36670/ALAMIN.V4I01.84

Johnson, D. W. (2009). Routledge Handbook of Political Management (D. W. Johnson, Ed.; 1st ed.). Routledge Taylor & Francis Group.

Khatami, M. I. (2021). Eksistensi Baliho 2024 dalam Pertarungan Elektabilitas: Analisis Pencitraan Tokoh Politik. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jambi, 5(2), 14–24.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum, Pub. L. No. 3, jdih.kpu.go.id (2022). https://jdih.kpu.go.id/data/data_pkpu/2022pkpu003.pdf

Kompasiana.com. (2021, August 3). Kenapa Mengkritik Baliho Puan? . https://www.kompasiana.com/denis89310/61091e4806310e6bd77fbc92/kenapa-mengkritik-baliho-puan

Laila, S. Y. N., Anggraini, D. L. F., Purwanti, D., & Situmorang, B. S. (2022, January 18). Meninjau Strategi Politik dalam Menyongsong Pemilu 2024 : Baliho Kepak Sayap Kebhinekaan – Lembaga Pers dan Penerbitan Mahasiswa (LPPM) Sintesa. Lppmsintesa.Fisipol.Ugm.Ac.Id. https://lppmsintesa.fisipol.ugm.ac.id/meninjau-strategi-politik-dalam-menyongsong-pemilu-2024-baliho-kepak-sayap-kebhinekaan/

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif (edisi 1 re). Remaja Rosdakarya.

Nida, F. laili K. (2014). PERSUASI DALAM MEDIA KOMUNIKASI MASSA. At-Tabsyir, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 2(2), 77–95.

Putra, N. (2017). Implikasi Kebebasan Pers Terhadap Dinamika Politik Islam di Sumatera Utara Pada Masa Reformasi Periode 1998-2011. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 2(1). https://doi.org/10.31604/muaddib.v2i1.153

Rahmah, S. (2021). Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi Politik di Media Sosial Instagram. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1). https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5584

Rakyat Merdeka. (2021, August 3). Spanduk Puan Bertebaran Di Mana-mana Kaos Dan Gelasnya Nggak Sekalian Nih... https://rm.id/baca-berita/parpol/85589/spanduk-puan-bertebaran-di-manamana-kaos-dan-gelasnya-nggak-sekalian-nih

Saputra, A. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PARTAI GOLKAR KOTA TANJUNGPINANG PADA PEMENANGAN PEMILU TAHUN 2019. Universitas Islam Negei Sultan Syarif .

Siti, H. (2022). ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN MEDIAINDONESIA.COM DAN KOMPAS.COM TERHADAP BERITA PENCITRAAN PUAN MAHARANI SEBAGAI BAKAL CALON PRESIDEN 2024 [Universitas Muhammadiyah Surabaya]. In Repository USM. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17950

SoloPos.com. (2021, August 9). Ramai-Ramai Pesan Baliho Puan Maharani, Berapa Harganya? - Regional Liputan6.com. https://www.liputan6.com/regional/read/4627586/ramai-ramai-pesan-baliho-puan-maharani-berapa-harganya

solopos.com. (2021, August 9). Ratusan Baliho dan Billboard Kepak Sayap Puan Maharani Dibuat Pengusaha Solo, Segini Harganya - Solopos.com | Panduan Informasi dan Inspirasi. https://www.solopos.com/index.php/ratusan-baliho-dan-billboard-kepak-sayap-puan-maharani-dibuat-pengusaha-solo-segini-harganya-1144625

Sumual, A. K., Lontaan, M. G., & Supit, Y. (2023). PELAKSANAAN PEMILU DI INDONESIA BERDASARKAN PERSPEKTIF UNDANG UNDANG DASAR 1945. JOURNAL OF LAW AND NATION, 2(2), 103–112. https://joln.org/index.php/joln/article/view/32

Syahputra, I. (2017). DEMOKRASI VIRTUAL DAN PERANG SIBER DI MEDIA SOSIAL: PERSPEKTIF NETIZEN INDONESIA. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 457–475. https://doi.org/10.24329/ASPIKOM.V3I3.141

tvonenews.com. (2021, August 8). Puan Tebar Baliho, Pakar Medsos: Demi Geser Popularitas Ganjar. https://www.tvonenews.com/berita/nasional/3529-puan-tebar-baliho-pakar-medsos-demi-geser-popularitas-ganjar?page=all

Wahyuni, N. P. S. (2020). Analisis Produk Layanan Rawat Inap di RSUD Wangaya Denpasar Berdasarkan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan 4 P (Product, Price, Place, Promotion). Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.7454/ARSI.V6I1.3666

Yanuartha, R. A. (2017). ANALISIS WACANA AKUN FACEBOOK HUMOR POLITIK TERKAIT PILKADA DKI JAKARTA TAHUN 2017 Oleh : Analisis Wacana Humor sebagai seorang komunikator politik . Bukan hanya sebagai penerima pesan politik . Hal menarik dalam proses perwujudan partisipasi politik ini . 25–50.

Yanuartha, R. A. , Siahainenia, R. R. , Hergianasari, P. , &, & Netanyahu, K. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PENGGUNAAN BALIHO VERSUS MEDIA SOSIAL OLEH PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN TAHUN 2021 (Vol. 6, Issue 1). http://ejournal.stiabinabanuabjm.ac.id/index.php/administraus

Zuhro, R. S. (2019). Demokrasi dan Pemilu Presiden 2019. Jurnal Penelitian Politik, 16(1), 69. https://doi.org/10.14203/jpp.v16i1.782

Downloads

Published

2023-07-23

How to Cite

Adiputri, B., Christin Harnita, P., & Hergianasari, P. (2023). PENGGUNAAN MEDIA BALIHO OLEH PUAN MAHARANI MENJELANG PEMILU INDONESIA 2024 DI ERA 5.0. Jurnal Neo Societal, 8(3), 189–203. https://doi.org/10.52423/jns.v8i3.20