MULTI STAKEHOLDER PARTNERSHIP DALAM KERJASAMA SISTER CITY SURABAYA-LIVERPOOL PADA PENDIDIKAN INKLUSI BERKELANJUTAN TAHUN 2022

Authors

  • Emo Putro Universitas Kristen Satya Wacana
  • Triesanto Simanjuntak Universitas Kristen Satya Wacana
  • Putri Hergianasari Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.52423/jns.v8i2.10

Keywords:

Kerjasama, Multi Stakeholder Partnership, Pendidikan Inklusi, Sister City

Abstract

Kota Surabaya telah menjalin kerjasama sister city dengan Kota Liverpool dalam Pendidikan inklusif. Hal tersebut sesuai SDGs goals ke-4. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskripsi kualitatif dengan menggunakan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan teori liberalisme dengan konsep sister city. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama sister city dilakukan dengan menggunakan pendekatan multi stakeholder partnership. Hal tersebut merupakan pendekatan yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan adil dan inklusif, mempromosikan kesejahteraan dan kebahagiaan semua anak, dan menjadi bagian dari masyarakat yang lebih luas. Kesimpulan penelitian ini bahwa Kota Surabaya dan Kota Liverpool telah melaksanakan pendidikan inklusi untuk memberikan peluang bagi semua anak dalam mengenyam pendidikan yang sama tanpa adanya diskriminasi. Sesuai dengan agenda global SDGs yaitu No One Left Behid.

 

Author Biographies

Emo Putro, Universitas Kristen Satya Wacana

 

 

Triesanto Simanjuntak, Universitas Kristen Satya Wacana

 

 

Putri Hergianasari, Universitas Kristen Satya Wacana

 

 

References

Alfikri, F., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusi. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(6), 7954–7966. https://doi.org/10.36418/SYNTAX-LITERATE.V7I6.7545

Ariastuti, R., & Herawati, V. D. (2016). Optimalisasi Peran Sekolah Inklusi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.30653/002.201611.7

Astuti, W., Friansah, D., & Salman, E. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Adaptif bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Lubuklinggau. SJS: Silampari Journal Sport, 1(2), 77–99. http://www.jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/SJS/article/view/149

Avramidis, E., Bayliss, P., & Burden, R. (2000). Student teachers’ attitudes towards the inclusion of children with special educational needs in the ordinary school. Teaching and Teacher Education, 16(3), 277–293. https://doi.org/10.1016/S0742-051X(99)00062-1

B. Miles, M., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. 1–352.

Boesley, L., & Crane, L. (2018). ‘Forget the Health and Care and just call them Education Plans’: SENCOs’ perspectives on Education, Health and Care plans. Journal of Research in Special Educational Needs, 18, 36–47. https://doi.org/10.1111/1471-3802.12416

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). PELAKSANAAN SEKOLAH INKLUSI DI INDONESIA. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.24198/JPPM.V2I2.13530

Dinkominfo. (2017, September 7). SURABAYA MATANGKAN KERJASAMA SISTER CITY DENGAN LIVERPOOL. Surabaya.Go.Id. https://surabaya.go.id/id/berita/38405/surabaya-matangkan-kerjasama-si

Do, D. N. Mac, Hoang, L. K., Le, C. M., & Tran, T. (2020). A Human Rights-Based Approach in Implementing Sustainable Development Goal 4 (Quality Education) for Ethnic Minorities in Vietnam. Sustainability, 12(10), 4179. https://doi.org/10.3390/SU12104179

Hadiwijoyo, S. S., & Anisa, F. D. (2019). SDGs, Paradigma Baru Pembangunan Global (Pertama). Yogyakarta: Spektrum Nusantara.

Hanjarwati, A., & Aminah, S. (2014). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta Mengenai Pendidikan Inklusi. INKLUSI, 1(2), 221–248. https://doi.org/10.14421/IJDS.010206

Haryono, H., Syaifudin, A., & Widiastuti, S. (2015). EVALUASI PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI PROVINSI JAWA TENGAH. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(2). https://doi.org/10.15294/JPP.V32I2.5057

Imaniah, I., & Fitria, N. (2018). Inclusive Education for Students with Disability. SHS Web of Conferences, 42, 00039. https://doi.org/10.1051/SHSCONF/20184200039

Kementrian PPN, & Bappenas. (2020). Metadata Indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia (V. Yulaswati, J. Rizal Primana, Oktorialdi, D. Sadia Wati, & Maliki, Eds.; II). Kedeputian Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Khotimah, H., & Mengenai Keberadaan Sekolah, K. (2019). Analisis Kebijakan Permendiknas No.70 tahun 2009 Tentang Sekolah Inklusi. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 17(2). https://doi.org/10.30762/REALITA.V17I2.1860

Layton, L. (2005). Special educational needs coordinators and leadership: a role too far? Support for Learning, 20(2), 53–60. https://doi.org/10.1111/J.0268-2141.2005.00362.X

Meise, J. W. (2018, February 18). Introducing Liberalism in International Relations Theory. Www.e-Ir.Info. https://www.e-ir.info/2018/02/18/introducing-liberalism-in-international-relations-theory/

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif (edisi 1 re). Remaja Rosdakarya.

Mubarok, N. ’. (2022). Pemenuhan Hak Anak di Negara-negara Rumpun Melayu. AL-HUKAMA’: The Indonesian Journal of Islamic Family Law, 12(2), 21–46. https://doi.org/10.15642/ALHUKAMA.2022.12.2.21-46

Munawwaroh, L. (2018). Analisis Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Indonesia Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif Yang Ramah Anak. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 173–186. https://doi.org/10.14421/AL-BIDAYAH.V10I2.167

Nur Alam, G., & Arfin Sudirman, dan. (2020). Paradiplomacy Pemerintah Kota Bandung Melalui Kerja Sama Sister City. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 16(1), 31–50. https://doi.org/10.26593/JIHI.V16I1.3365.31-50

Pearson, S., Mitchell, R., & Rapti, M. (2015). ‘I will be “fighting” even more for pupils with SEN’: SENCOs’ role predictions in the changing English policy context. Journal of Research in Special Educational Needs, 15(1), 48–56. https://doi.org/10.1111/1471-3802.12062

Putranto, D. A. (2019). LATAR BELAKANG KERJASAMA PROGRAM SISTER CITY KOTA SURABAYA – LIVERPOOL. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Rahmaniar, F. A. (2016). THE ROLE OF SHADOW TEACHER ON GIVING EDUCATION SERVICE FOR SPECIAL STUDENTS IN THE INCLUSIVE SCHOOL SD N GIWANGAN YOGYAKARTA. Jurnbal Widia Ortodidaktika, 5(12), 1263.

Ramadhan, A. C. (2020). Implementasi Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Pendidikan Inklusif Di Kota Surabaya (Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Surabaya) [Universitas Airlangga]. http://lib.unair.ac.id

Rasta Hayuning, D. (2022). IMPLEMENTASI PARADIPLOMASI PEMERINTAH KOTA SURABAYA MELALUI KERJASAMA SISTER CITY DENGAN KITAKYUSHU JEPANG. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Robinson, D., Moore, N., & Hooley, T. (2018). Ensuring an independent future for young people with special educational needs and disabilities (SEND): a critical examination of the impact of education, health and care plans in England. Https://Doi.Org/10.1080/03069885.2017.1413706, 46(4), 479–491. https://doi.org/10.1080/03069885.2017.1413706

Rusandi, R. (2017). KERJASAMA SISTER CITY JAKARTA-BERLIN DALAM BIDANG KEBUDAYAAN PADA TAHUN 2011-2014. EJournal Ilmu Hubungan Internasional, 4(4), 1255–1270.

Saeri, M. (2012). Teori Hubungan Internasional Sebuah Pendekatan Paradigmatik. Jurnal Transnasional, 3(2), 1–19.

Safitri, A. O., Dwi Yunianti, V., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3296

SDGs. (2018). Sustainable Development Goals. Sustainable Development Goals. https://www.sdg2030indonesia.org/#modalIconDefinition

sdgs.un.org. (2016). THE 17 GOALS. Sdgs.Un.Org. https://sdgs.un.org/goals

Septaralinda, K. B. (2021). IMPLEMENTASI KERJASAMA SISTER CITY SURABAYA – LIVERPOOL DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN INKLUSI DI SURABAYA [Universitas Muhammadiyah Malang]. In UMM Institutional Repository (Vol. 18, Issue 3). https://doi.org/10.1007/S11067-018-9419-9

Stott, L. (2022). Partnership and Transformation; The Promise of Multi-stakeholder Collaboration in Context. Routledge. www.routledge.com/

Sutarya, M. (2019). Pendidikan Inklusi di Perguruan Tinggi: Studi Pada Pusat Kajian dan Layanan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Politeknik Negeri Jakarta. Institut PTIQ.

Vickerman, P., & Maher, A. (2018). Teaching Physical Education to Children with Special Educational Needs and Disability. Routledge. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=Jc1mDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PT11&dq=Inclusive+schools+in+Liverpool+are+known+as+SEND,+which+stands+for+Special+Educational+Needs+and+Disabilities&ots=3yIPQ-7MfO&sig=BMY0nWBOsNg-UpuNRK_P4IxPvts&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

warta.jogjakota. (2022, March 25). Polandia Jajaki Kerja Sama Sister City dengan Yogya. Warta.Jogjakota.Go.Id. https://warta.jogjakota.go.id/detail/index/20223

Yulianto, M. J. (2014). Konsepsi Disabilitas dan Pendidikan Inklusif. INKLUSI, 1(1), 19–38. https://doi.org/10.14421/IJDS.010102

Zubaidah, & Utomo, P. (2021). Pola Pembelajaran dalam Layanan Bimbingan dan Konseling terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) di Sekolah Luar Biasa. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/10.37411/JGCJ.V2I2.950

Downloads

Published

2023-05-27

How to Cite

Putro, E., Simanjuntak, T., & Hergianasari, P. (2023). MULTI STAKEHOLDER PARTNERSHIP DALAM KERJASAMA SISTER CITY SURABAYA-LIVERPOOL PADA PENDIDIKAN INKLUSI BERKELANJUTAN TAHUN 2022. Jurnal Neo Societal, 8(2), 109–120. https://doi.org/10.52423/jns.v8i2.10

Issue

Section

Articles